Announcement

Download Buku Putih Syiah di sini
Diskusi Buku Putih Syiah di sini

#1 8th May 2012 06:03

moe
Administrator
Registered: 6th May 2012
Posts: 353

Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

image0011-221x300.jpg
Pertama kali, berdirilah dengan posisi tegak sambil mengadap Kiblat. Berniatlah untuk melaksanakan shalat dan tentukan jenis shalat yang ingin Anda kerjakan (shalat Zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya` atau Shubuh).

image0021-228x300.jpg
Bacalah takbiratul ihram (Allāhu Akbar) dan bersamaan dengan itu angkatlah kedua tangan Anda seperti terlihat di gambar.

image0032-221x300.jpg
Bacalah surah Al-Fātihah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ، إيَّاكَ نَعْبُدُ وَ إيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ، اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ، صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّيْنَ

(Bismillāhirrohmānirrohīm ▪ Alhamdulillāhi robbil ‘Ālāmīn ▪ Arrohmānirrohīm ▪ Māliki yaumiddīn ▪ Iyyāka na’budu wa iyyāka nasta’īn ▪ Ihdinash shirōthol mustaqīm ▪ Shirōthol ladzīna an’amta ‘alaihim ghoiril maghdhūbi ‘alaihim waladh dhōllīn)

Kemudian bacalah satu surah sempurna dari sarah-surah Al Quran. Seperti:


قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ، اللهُ الصَّمَدُ، لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ، وَ لَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

(Qul huwallōhu ahad ▪ Allōhush shamad ▪ Lam yalid wa lam yūlad ▪ Wa lam yakul lahū kufuwan ahad)

image0043.jpg
Setelah itu, ruku’lah dan baca:

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

(Subhā robbiyal ‘azhīmi wa bihamdih)

image0052.jpg
Kemudian bangunlah dari ruku’ sambil membaca:

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

(Sami’allōhu liman hamidah)

image0062.jpg
Setelah itu, sujudlah dan baca:

سُبْحًانَ رَبِّيَ اْلأعْلَى وَبِحَمْدِهِ

(Subhāna rabbiyal a’lā wa bihamdih)

image0072.jpg
Kemudian duduklah di antara dua sujud seraya membaca:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ رَبِّيْ وَ أتُوْبُ إلَيْهِ[/quote

(Astaughfirullōha rabbī wa atūbu ilaih)

image0082.jpg
Kemudian sujudlah untuk kedua kalinya seraya membaca bacaan sujud di atas.

image0092.jpg
Duduklah sejenak setelah bangun dari sujud dan sebelum berdiri untuk melanjutkan rakaat berikutnya.

image00101.jpg
Berdirilah kembali untuk melaksanakan rakaat kedua sambil membaca:

بِحَوْلِ اللهِ وَ قُوَّتِهِ أَقُوْمُ وَ أَقْعُدُ

(Bihaulillāhi wa quwatihī aqūmu wa aq’ud)

Dalam posisi berdiri itu, bacalah surah Al-Fātihah dan satu surah dari surah-surah Al-Quran.
image00112.jpg
Sebelum Anda melaksanakan ruku’ untuk rakaat kedua, bacalah qunut. Di dalam qunut Anda bebas membaca doa sesuai dengan keinginan Anda. Seperti doa memintakan ampun untuk kedua orang tua:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَ لِوَالِدَيَّ وَ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا

(Rabbighfir lī wa liwālidaiyya war hanhumā kamā rabbayānī shaghīrā)

image00121.jpg
Lakukanlah ruku’ dan bacalah bacaan ruku’ di atas.

image00131.jpg
Kemudian sujudlah dan baca doa sujud di atas.

image00151.jpg
Kemudian duduklah di antara dua sujud seraya membaca bacaan di atas.

image00161.jpg
Lalu sujudlah untuk kedua kalinya dan baca bacaan sujud di atas.

image00171.jpg
Setelah itu, duduklah dan baca bacaan tasyahhud pertama sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكََ لَهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ، أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ

(Asyhadu an lā ilāha illallōhu wahdahū lā syarīka lah ▪ Wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhū wa rasūluh ▪ Allōhumma shalli ‘alā Muhammadin wa Āli Muhammad)

image00181.jpg
Kemudian berdirilah sambil membaca bacaan ketika berdiri di atas. Untuk rakaat ketiga dan keempat, sebagai ganti dari surah Al-Fatihah, Anda dapat membaca bacaan berikut ini:

سُبْحَانَ اللهِ وَ الْحَمْدُ ِللهِ وَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ اللهُ أَكْبَرُ

(Subhānallōh wal hamdulillāh wa lā ilāha illallōh wallōhu akbar).

image00191.jpg
Pada rakaat ketiga dan keempat ini Anda tidak perlu membaca surah apapun.
Setelah Anda selesai melaksanakan ruku’ dan sujud untuk kedua rakaat, Anda harus duduk untuk melaksanakan tasyahhud terakhir seraya membaca bacaan tasyahhud pertama di atas. Setelah itu, bacalah bacaan salam berikut sebagai penutup shalat Anda:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَ عَلىَ عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ

Assalāmu‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullāhi wa barakātuh ▪ Assalāmu’alainā wa ‘alā ‘ibādillāhish shōlihīn ▪ Assalāmu’alaikum wa rahmatullāhi wa barakātuh).

Catatan!

Untuk shalat wajib yang kurang dari empat rakaat, seperti Maghrib dan Shubuh, hanya rakaat ketiga dan keempat yang dapat dihilangkan. Sementara rakaat kedua dan ketiga harus tetap dilaksanakan.

sumber di ambil dari : www.nurmadinah.com


Catatan

Takbiratul ihram wajib dengan Allahu Akbar.
Al-Fatihah wajib pada 2 rakaat pertama, sedangkan rakaat 3 atau 4 boleh diganti dengan tasbih subhanallâh wal hamdulillâh wa lâ ilâha illallâh wallâhu akbar. Basmalah bagian dari surah dan wajib dibaca dengan jahr (nyaring) pada setiap shalat. Qunut adalah sunnah pada setiap shalat. Empat mazhab Ahlus Sunnah menyatakan sunnah membaca âmin, sedangkan Syiah adalah tidak. Tidak bersedekap dalam shalat.
Saat rukuk disunnahkan membaca

سُبْحَانَ رَبي العَظِيْمِ وَبِحَمْدِه

atau

سُبْحَانَ الله

tiga kali ditambah salawat.

Saat sujud yang wajib menyentuh/menempel adalah dahi, dua telapak tangan, dua lutut, ibu jari kaki, hidung adalah sunnah.
Lafaz tahiyyat/tasyahud:

بسم الله وبالله والحمد لله وخير الأسماء لله اشهد لا إله إلا الله وحده لا شريك له, وَاَشْهَدُ اَن مُحَمَدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ, اللهم صل على محمد وآل محمد وتقبل شفعته ورفع درجته

Lafaz salam:

السَلامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَالِحِيْنَ, السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Dari sekilas gambaran di atas, telah sepakat bahwa tiga mazhab Ahlus Sunnah (Hanafi, Syafi’i, Hanbali) menyatakan bahwa sedekap dalam shalat hanyalah sunnah, bahkan satu mazhab Ahlus Sunnah (Maliki) menyatakan sunnah untuk tidak sedekap. Karena itu janganlah heran jika Syiah pun tidak bersedekap, karena mazhab Maliki sebagai Ahlus Sunnah pun tidak sedekap.

Sumber:
Syekh Jawad Al-Mughniyah
Al-Fiqh ‘alâ Al-Madzâhib Al-Khamsah


Offline

#2 10th May 2012 22:49

Adzar_'Ali_Stany
Moderator
From: Nuswantoro
Registered: 10th May 2012
Posts: 62

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

Sallam, numpang nanya nih,, kalau sholatnya dimakmumi jin dan malaikat qiyam rokaat 3-4 nya membaca tasbih atau 2 surah smile ???
Imam sholat kan ga boleh baca tasbih mesti 2 surah atau lebih smile ??


Simple, Sharp, and Fast like an arrow

Offline

#3 11th May 2012 09:36

Fatimah
Moderator
Registered: 7th May 2012
Posts: 157

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

Adzar_'Ali_Stany wrote:

Sallam, numpang nanya nih,, kalau sholatnya dimakmumi jin dan malaikat qiyam rokaat 3-4 nya membaca tasbih atau 2 surah smile ???
Imam sholat kan ga boleh baca tasbih mesti 2 surah atau lebih smile ??

salam, br dengar nih mengenai sholat dimakmumi jin dan malaikat?... tolong apa bisa kasih penjelasan sekaligus sumbernya?

Last edited by Fatimah (11th May 2012 09:37)


"Jangan mengkritik orang bodoh, karena dia akan membencimu. Tapi kritiklah orang berakal, karena dia akan mencintaimu" (Imam Ali As)

Offline

#4 11th May 2012 10:50

Adzar_'Ali_Stany
Moderator
From: Nuswantoro
Registered: 10th May 2012
Posts: 62

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

fatimah wrote:
Adzar_'Ali_Stany wrote:

Sallam, numpang nanya nih,, kalau sholatnya dimakmumi jin dan malaikat qiyam rokaat 3-4 nya membaca tasbih atau 2 surah smile ???
Imam sholat kan ga boleh baca tasbih mesti 2 surah atau lebih smile ??

salam, br dengar nih mengenai sholat dimakmumi jin dan malaikat?... tolong apa bisa kasih penjelasan sekaligus sumbernya?

kalau dimakmumi jin ana ngalamin sendiri, yg sebelah kanan Jin Suni yg sebelah kiri Jin Imammiyyah (setelah membaca Fathihah yg kanan mbaca amin, yang kiri mbaca allhamdulillahirrobil'alamin) tapi ketika ana hendak bangkit dari ruku sengaja ngelirik kebelakang... ternyata ga ada manusia hmm

keknya keduanya baru belajar Islam, soalnya pas ana salah dikit mbaca tajwid bilangnya bukan subhanallah tapi "haaah?" big_smile


Simple, Sharp, and Fast like an arrow

Offline

#5 11th May 2012 10:51

Adzar_'Ali_Stany
Moderator
From: Nuswantoro
Registered: 10th May 2012
Posts: 62

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

kalau sholat dimakmumi malaikat pan ada hadistnya yang tentang keutamaan adzan dan iqomah smile


Simple, Sharp, and Fast like an arrow

Offline

#6 15th May 2012 20:55

Jalak Pengkor
Moderator
Registered: 10th May 2012
Posts: 51
Website

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

SHALAT FAJR (SUBUH)

SHALAT DZUHUR DAN ASHAR

Offline

#7 15th May 2012 20:59

Jalak Pengkor
Moderator
Registered: 10th May 2012
Posts: 51
Website

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

SHALAT MAGHRIB

SHALAT ISYA

BONUS : MADZHAB MALIKI SHALAT DENGAN MELURUSKAN TANGAN SAMA SEPERTI SYI'AH IMAMIYAH

Offline

#8 16th July 2012 19:00

jackie
Member
Registered: 7th July 2012
Posts: 4

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Mau nanya nih Admin dan Momod...
Saya telah lihat Video shalatnya
yang jd pertanyaan saya:
1. apakah bacaan dzikir ruku', sujud dan bacaan tasyahud awal/akhir itu dikeraskan bacaannya tiap shalat atau dikeraskan hanya pada saat shalat magrib, isya dan subuh saja?
2. kalo salam pada tasyahud akhir itu apakah boleh menoleh kanan kiri atau dilarang?
3. apakah jari telunjuk pada tasyahud itu digerakkan seperti sunni atau tidak? lkalo tidak, lalu mengapa tata cara dan bacaan tasyahud sunni berbeda dengan syiah dan sejak kapan perbedaan itu dimulai?
dan mohon kalau bisa dari tiap jawabannya untuk dijelaskan secara detil juga mengenai dalil2nya (hadis) dalam syiah
Terima Kasih atas jawabannya karena saya bener2 ingin belajar mendalam ttg dalil2 dari syiah itu sendiri

Offline

#9 19th July 2012 06:50

Melechesh
Member
Registered: 28th June 2012
Posts: 25

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

tanya gan.
setahu saya wajib bersuara jahr ketika baca alfatihah dan surah selanjutnya di rakaat 1 & 2 pd shalat maghrib,subuh,isya lalu apakah takbiratul ihram jg wajib bersuara jahr tiap gerakannya? .

dan setahu saya wajib bersuara "dalam" pd solat zuhr dan ashar, tapi apa benar setiap mengucap "bismillahirrohmanirrahim" di rakaat 1 & 2 nya wajib pake suara jahr?

Last edited by Melechesh (22nd July 2012 00:48)

Offline

#10 23rd July 2012 18:36

ali
Administrator
Registered: 6th May 2012
Posts: 178

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

Melechesh wrote:

tanya gan.
setahu saya wajib bersuara jahr ketika baca alfatihah dan surah selanjutnya di rakaat 1 & 2 pd shalat maghrib,subuh,isya lalu apakah takbiratul ihram jg wajib bersuara jahr tiap gerakannya? .

dan setahu saya wajib bersuara "dalam" pd solat zuhr dan ashar, tapi apa benar setiap mengucap "bismillahirrohmanirrahim" di rakaat 1 & 2 nya wajib pake suara jahr?

Betul. Kecuali bacaan  di rakaat 3 sholat maghrib dan isya 3 & 4 bacanya pelan. Kalo Subuh wajib keras hanya pada surah2nya.

Offline

#11 25th July 2012 19:50

hussaynmuntazhar
Member
Registered: 25th July 2012
Posts: 4

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

Bagaimana hukum shalat jamaah imamoya sunni,mis sunni syafii? Apakah melakukan gerakan shalat seperti mereka umumnya? Ataukah tetap dgn cara ahlulbait?karena sangatlah tdk memungkin dgn cara ahlulbait, orang sblh kanan kiri sy melihat hal aneh k sy. Mohon penjelasannya. Syukron

Offline

#12 25th July 2012 21:02

ali
Administrator
Registered: 6th May 2012
Posts: 178

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

hussaynmuntazhar wrote:

Bagaimana hukum shalat jamaah imamoya sunni,mis sunni syafii? Apakah melakukan gerakan shalat seperti mereka umumnya? Ataukah tetap dgn cara ahlulbait?karena sangatlah tdk memungkin dgn cara ahlulbait, orang sblh kanan kiri sy melihat hal aneh k sy. Mohon penjelasannya. Syukron

Menurutku sih, kalo mereka sepertinya memusuhi pengikut ahlulbait, lebih baik ikut saja. shalat lagi di rumah. Kalo cuma dibilang aneh saya rasa nggak perlu bertaqiyah.

Offline

#13 26th July 2012 04:27

moe
Administrator
Registered: 6th May 2012
Posts: 353

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

hussaynmuntazhar wrote:

Bagaimana hukum shalat jamaah imamoya sunni,mis sunni syafii? Apakah melakukan gerakan shalat seperti mereka umumnya? Ataukah tetap dgn cara ahlulbait?karena sangatlah tdk memungkin dgn cara ahlulbait, orang sblh kanan kiri sy melihat hal aneh k sy. Mohon penjelasannya. Syukron

Bila lingkungan tidak membahayakan maka tidak boleh bertaqiyah... tetap wajib sholat tanpa sedekap...
Bila mereka bertanya jawab saja masih ada perdebatan dikalangan ulama mengenai sunnahnya bersedekap dan tidak...
Di dalam tubuh sunni sendiri yaitu Mazhab maliki sholat dengan tidak bersedekap, mungkin bisa dijadikan salah satu acuan...

Dan menurut saya orang2 sekitar tdk akan problem/ngurusi tata cara sholat kita... sebab sebagian besar umat Islam di indonesia tdk mengurusi hal2 semacam ini, tata cara sholat di antara mrk pun bermacam-macam bila anda perhatikan...

  • ada yg sedekap di atas dada

  • ada yg sedekap di bawah perut

  • ada yg berdiri dengan kaki yg sangat lebar

  • ada yg ketika rukuk memegang kakinya sedikit di atas mata kaki

  • ada yg ketika berdiri dari rukuk tetap bersedekap


Mungkin yg berbahaya adalah bila anda sholat di lingkungan mayoritas salafi/wahabi....

Offline

#14 28th July 2012 15:50

Melechesh
Member
Registered: 28th June 2012
Posts: 25

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

ali wrote:
Melechesh wrote:

tanya gan.
setahu saya wajib bersuara jahr ketika baca alfatihah dan surah selanjutnya di rakaat 1 & 2 pd shalat maghrib,subuh,isya lalu apakah takbiratul ihram jg wajib bersuara jahr tiap gerakannya? .

dan setahu saya wajib bersuara "dalam" pd solat zuhr dan ashar, tapi apa benar setiap mengucap "bismillahirrohmanirrahim" di rakaat 1 & 2 nya wajib pake suara jahr?

Betul. Kecuali bacaan  di rakaat 3 sholat maghrib dan isya 3 & 4 bacanya pelan. Kalo Subuh wajib keras hanya pada surah2nya.

lalu sebagaimana video yg telah saya tonton diatas "shia namaz (prayer)" dan jg solat-solat lainnya dari vid ini jg di youtube.

- apakah gerakan-gerakan shalat (rukuk, berdiri setelah rukuk, sujud, tasyahud) di tiap rakaat dan di setiap shalat, bacaannya jg wajib jahr?
atau hal ini hanya pilihan saja di setiap shalat (boleh jahr boleh tidak)?

- apakah jika sedang doa qunut di setiap shalat juga wajib lantunkan dg jahr?

Offline

#15 2nd August 2012 07:20

cjik
Member
Registered: 8th May 2012
Posts: 32

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

kalau sholat sendirian wajib baca secara jahr juga ya ? hmm

Offline

#16 6th August 2012 06:59

jackie
Member
Registered: 7th July 2012
Posts: 4

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

pertanyaan ana koq malah gak dijawab ya??  sad

Offline

#17 7th August 2012 09:01

moe
Administrator
Registered: 6th May 2012
Posts: 353

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

jackie wrote:

pertanyaan ana koq malah gak dijawab ya??  sad

Maaf, karena admin2 or Mod2x sementara ini tdk ada yang merup seorang 'ustad'... sementara ini kami lagi mencari seorang ustad yg bisa meluangkan waktunya untuk bisa menjawab pertanyaan2 yg seharusx hanya boleh dijawab oleh seorang yg mumpuni... smile mohon bersabar...

Bila kami ragu untuk menjawabnya maka sebaiknya kami tdk menjawabnya sebab akan menjadikan hal itu sebagai sebuah kesalahan yg fatal... smile

Offline

#18 7th August 2012 11:43

ali
Administrator
Registered: 6th May 2012
Posts: 178

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

jackie wrote:

pertanyaan ana koq malah gak dijawab ya??  sad

walaikum salam wr wb. afwan sepertinya kelewat, ana coba jawab sebisanya. kalau salah mohon dikoreksi:/

jackie wrote:

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Mau nanya nih Admin dan Momod...
Saya telah lihat Video shalatnya
yang jd pertanyaan saya:
1. apakah bacaan dzikir ruku', sujud dan bacaan tasyahud awal/akhir itu dikeraskan bacaannya tiap shalat atau dikeraskan hanya pada saat shalat magrib, isya dan subuh saja?
2. kalo salam pada tasyahud akhir itu apakah boleh menoleh kanan kiri atau dilarang?
3. apakah jari telunjuk pada tasyahud itu digerakkan seperti sunni atau tidak? lkalo tidak, lalu mengapa tata cara dan bacaan tasyahud sunni berbeda dengan syiah dan sejak kapan perbedaan itu dimulai?
dan mohon kalau bisa dari tiap jawabannya untuk dijelaskan secara detil juga mengenai dalil2nya (hadis) dalam syiah
Terima Kasih atas jawabannya karena saya bener2 ingin belajar mendalam ttg dalil2 dari syiah itu sendiri

1. nggak wajib kayaknya, kurang yakin.
2. nggak boleh, tapi ada yang berpendapat bolrh.
3. tidak digerakkan, tasyahud sunni dan syiah itu intinya sama, syahadat sholawat dan salam, cuma beda kata2nya aja.
di dalam kalangan sunni sendiri juga terdapat berbagai perbedaan dalam melakukan tata cara sholat.

Last edited by ali (7th August 2012 12:03)

Offline

#19 7th August 2012 11:51

ali
Administrator
Registered: 6th May 2012
Posts: 178

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

cjik wrote:

kalau sholat sendirian wajib baca secara jahr juga ya ? hmm

ya.

Offline

#20 17th April 2013 16:04

Ratih Andrada
Member
Registered: 17th April 2013
Posts: 2
Website

Re: Tata cara Sholat mazhab Ahlul Bait

aslm... maaf. aku baru gabung nie disini. mohon pencerahannya. aku juga baru mau belajar banyak ttg agama ini. selama ini tidak ada yg menuntun. sad

Offline

Board footer